Butuh Saran Soal Membaca Efektif!


Akhirnya saya memberanikan diri menulis di blog ini lagi. Malu sebenarnya, karena yang ingin saya bahas kali ini bukan resensi atau informasi seputar buku. Ini hanya curhatan saja.

Jadi, selama beberapa bulan ini saya berhenti menulis di blog. Bukan karena keinginan untuk hiatus, hanya saja keadaan saya yang tidak pernah bisa menyelesaikan bacaan, yang akhirnya saya tidak bisa menulis resensi buku satu pun.

Selama ini saya sudah berdekatan dengan buku, berharap bisa membacanya di waktu luang. Buku tersebut adalah Bilangan Fu, Langit Merbabu, dan buku Manjali. Ketiga buku ini selalu bergantian ada di ransel saya dan saya bawa sampai ke kantor. Tetapi selalu gagal saya baca. Kalaupun bisa membaca beberapa lembar suatu hari, hari lainnya kembali tidak tersentuh.

Ritme kegagalan membaca buku sampai tuntas terus terjadi dan tanpa terasa sudah hitungan bulan saja saya tidak menyelesaikan satu buku pun.

Dengan artikel ini, saya ingin tahu saran dari kalian supaya saya bisa membaca buku dengan efektif sehingga bisa sampai selesai. Tolong komentar ya!


14 komentar:

  1. Ini sih kayaknya lebih ke motivasi untuk terus membaca, bukan membaca efektif. Eh apa gimana? Kalau saya sih, kalau emang meniatkan mau membaca satu buku, saya selalu bawa ke mana-mana, dan tidak mengerjakan hobi lain sebelum membaca buku itu terlebih dahulu. Misal kayak pagi mau beres-beres kamar, saya baca dulu tuh entah satu atau dua bab, baru mulai beres-beres. Terus siang sebelum makan, baca lagi satu bab. Gitu terus sampai bukunya akhirnya jadi nagih. Sejauh ini sih caranya cukup efektif. Kalau bukunya ternyata bagus, malah kadang dihabisin sekali duduk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patut dicoba nih, dengan membaca sedikit demi sedikit. Kadang saya tuh teralihkan dengan nonton youtube dalam durasi lama, membaca wattpad, bahkan main game COC. Makanya kalau hari ini menyempatkan membaca, bisa beberapa hari absen membaca. Jadinya buku nggak selesai-selesai.

      Hapus
    2. Saya juga sekarang-sekarang hampir tiap hari nonton video yang durasinya cukup panjang di YouTube, tapi kalau udah buka bungkusan plastik sebuah buku, akan saya sempatkan untuk baca, sebelum atau sesudah nonton video panjang tadi misalnya. Hehehe

      Hapus
    3. Kayaknya memang perlu ditarget minimal euy. 20 lembar sehari mungkin. Kalo masih kuat, bisa nambah. Hehe

      Hapus
  2. gue juga nih
    lagi kurang semangat buat namatin buku bacaan
    jadinya hanya berakhir sebagai pajangan

    tapi setelah baca post ini, gue jadi inget'' lagi, cara gue dulu bisa doyan banget baca buku
    mungkin salah satu cara yang gue sering pakai adalah dengan membaca buku di kamar mandi pas sedang poop

    ah, gue coba lagi deh kalo gitu
    wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamar mandi di rumah saya tidak memungkinkan untuk baca buku cah. Jadinya kagak bisa ikut sarannya hahahaha

      Hapus
  3. Saya juga baru lemah sekali untuk baca buku. Biasanya paksain baca mulai dari buku favorit dan bacaan yang ringan-ringan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini nih, saya selalu maksa buat baca buku Bilangan Fu yang menurut saya berat. Tetapi sumpah pengen baca ulang tapi nggak sempet2

      Hapus
  4. ishhh sama din, makanya akupun belum bisa kasih saran yang bagus gimana hihi

    lah aku pun demikian, akhir akhir ini ya belanja buku agak kebablasan, ada sekitar 4 buku mana kupikir bagus semua lagi karena karya sastrawan kawakan, kubaca dari blurb yang di cover akhirnya mantab nih, eh tapi sampai dengan hari ini belum ada satupun yang kuselesaikan dengan baik, aku memang gini din, beda dengan film 2 jem rampung yang langsung ada gambaran dikit lah gimana ntar review di blognya, kalau buku mah agak rumit karena takut salah atau ada bagian yang kelewat untuk kureview dengan bahasa yang tertata wuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alot banget buat niatin baca buku. Tapi kalo nonton film pas libur, bisa sampe 2-3 film kelar.

      Kepikiran sih buat baca buku yang ringan2 saja. Tapi sampai hari ini belum milih bukunya

      Hapus
  5. Saya sejak pandemi juga sering kehilangan fokus buat membaca buku fisik ataupun digital sampai selesai. Baru satu halaman, terus geletak. Bacaan saya malah jadi komik gitu yang sekali habis dan biasanya terbit seminggu sekali. Penginnya menonton anime dan film aja. Baca buku seakan-akan melelahkan.

    Nah, cara saya sih sengaja memilih satu hari khusus buat leyeh-leyeh dan membaca buku seharian. Kalau belum tamat, jangan kerjakan tugas-tugas lain (di luar urusan makan, ibadah, buang air) Alhamdulillah itu lumayan ampuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga nih dicoba. Intinya memang kita harus fokus ya ketika menyelesaikan bacaan

      Hapus
  6. Kalu aku baca dengan ngeblock waktu. Misal 1-2 jam. Trua abis baca halaman terakhir ditandai pake sticky notes yg warna warni. Bikin catatan juga di notes. Jadi bakal cepet slese bacanya dan bisa lanjut baca buku lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai saya menulis balasan ini, masih belum balik juga kemampuan membaca saya. Masih suka baca, tapi suka pindah-pindah gitu. Sampai ada satu buku yang prolognya sudah saya baca lebih dari lima kali, niatnya mau membaca sampai tuntas, tapi ujung-ujungnya selalu gagal.

      Semoga saja dalam waktu dekat ini bisa memfokuskan kembali untuk membaca buku sampai tuntas.

      Hapus