UNBOXING BOOKS #1


Halo Para Pembaca Buku!

Kali ini saya membuat artikel yang beda, bukan resensi novel atau pun notice!. Tapi ini artikel tentang pamer buku yang saya terima alias unboxing books. Jujur saja, setiap kali mendapatkan paket yang isinya buku, perasaan saya tuh senang sekali. Walaupun nantinya bakal rada menyesal karena artinya, "Yah, nambah terus tumpukan TBR buku-buku yang belum dibaca..." Tapi mau bagaimana lagi, buku baru terus bermunculan dan kesempatan untuk mendapatkannya juga ada, masa mau dilewatkan. Enggak kan?

Ada yang sama perasaannya kayak gitu juga nggak?

Dan selama tahun 2023 ini saya belum pernah membuat artikel unboxing books meski sudah berapa kali paket buku yang saya terima sejak tahun baru lalu. Dulu sebenarnya pernah membuat artikel ini, kira-kira tahun 2017-an. Kalau tidak salah kenapa berhenti karena waktu itu saya sadar kalau paket yang diterima lebih banyak dibandingkan buku yang berhasil dibaca. Kalau semua dibuatkan artikelnya, sudah pasti isi blog ini kebanyakan soal unboxing paket melulu. Dengan kesadaran itu akhirnya membuat saya berhenti membuat artikel unboxing.

Ada tiga alasan kenapa akhirnya kali ini saya mau membuat artikel unboxing books lagi:

PERTAMA: Saya percaya kalau setiap novel yang kita punya itu memiliki cerita atau alasan kenapa berada di kita. Sebuah penilaian dangkal yang objektif kenapa kita memilih novel tersebut. Saya menyebut penilaian dangkal karena kita belum tahu seberapa cocok novel tersebut untuk kita. Terlepas dari nantinya novel itu akan dibaca, tidak selesai dibaca, atau akhirnya dilepas kembali, setidaknya kita sadar penuh kalau kita yang memilihnya. Siapa tahu di luaran sana juga banyak pembaca buku yang memiliki alasan yang sama kenapa memilih sebuah novel untuk dimiliki.

KEDUA: Dengan menuliskan setiap novel baru yang kita terima, kita sekalian mendata juga. Sebenarnya setiap artikel unboxing books ini muncul artinya kita sedang menambah daftar buku yang kita miliki. Ini akan memberikan kita data keseluruhan jumlah buku yang kita punya dan memberikan kita refleksi, yakin ke depannya mau nambah lagi, novel-novel sebelumnya juga masih belum dibaca lho. Secara tidak langsung, artikel ini akan memberi batasan saya agar tidak menambah buku bacaan secara gegabah.

KETIGA: Memberikan informasi kepada pembaca lain dari mana saya membeli buku itu atau dari mana buku itu dikirim. Siapa tahu buku yang saya terima ternyata juga wishlist pembaca buku di luaran sana sehingga ketika kesempatan itu ada kalian sudah tahu harus membeli dimana dan pada harga berapa bisa membelinya.

Menurut saya tiga alasan ini cukup untuk jadi latar belakang kenapa saya kembali membuat artikel unboxing books lagi.


Lalu, Baton Diserahkan 81.750 | Mala Borneo 126.650


Dan sebagai artikel pertama, saya mau pamer paket buku yang saya terima hari ini (12/11/2023). Yup, sesuai foto di atas, dua novel itu yang saya terima. Novel Lalu, Baton Diserahkan karya Maiko Seo dan Novel Mala Borneo karya Retni Sb.

Awalnya saya tertarik membeli novel 'Lalu, Baton Diserahkan' karena kovernya yang berwarna orange khas musim gugur. Melihat warnanya membuat perasaan adem. Dan setelah menimbang beberapa hari akhirnya saya memutuskan untuk membelinya. 

Jika saya mau membeli buku terbitan Gramedia, pilihannya ada tiga: beli di website gramedia.com, beli di website mitra.gramedia, atau beli di akun shopee gramedia. Yang akan saya cek lebih dulu pasti harga dan diskonnya. Saya pasti mencari yang paling murah.

Saat mengintip di akun shopee gramedia, buku ini mendapatkan diskon 20%. Lalu saya cek juga harga buku ini di website mitra.gramedia dan diskonnya juga 20%. Kaget dong, sebagai mitra jualan masa diskonnya hanya dikasih sama saja dengan diskon yang dikasih di akun shopee, harusnya bisa dikasih lebih ya, hehe. Saya cek juga di website gramedia.com, dan di sini diskonnya lebih tinggi yaitu 25%. WOW!! Bedanya kalau beli di website itu pasti ada ongkir yang harus ditanggung, tapi tenang dulu kawan, website gramedia.com sering kasih promo potongan ongkir 10.000 dengan kode AYOMEMBACABUKU. Kalau kalian nanti beli di website-nya, jangan lupa gunakan promo ini ya, lumayan memangkas ongkir.

Dari hasil membanding-bandingan di atas, pilihan saya sudah pasti membeli di gramedia.com dong!

Lalu novel Mala Borneo ini saya tahu ketika sedang mengcek buku baru di akun shopee Buku Dojo. Ini adalah akun rujukan saya ketika mau mencari buku baru, dan kadang-kadang harga novel di toko ini bisa lebih murah dibandingkan toko lainnya. Pada menu buku dan setelah difilter sesuai yang paling terbaru, ketemulah novel-novel yang kayaknya kok baru lihat dan enggak ada sounding-nya di tempat lain. Ada enam novel yang secara kover hampir sama dan font untuk judulnya pun sama. Keenam novel ini dilabeli dengan "Pemenang Cerita Khatulistiwa 2022". Menarik nih! Dan dari kesemuanya itu, hanya nama Retni Sb yang pernah saya kenali. Berkat nama penulisnya ini akhirnya saya memutuskan beli novelnya berbarengan dengan novel Lalu, Baton Diserahkan.

Saya memesan di tanggal 9 November 2023 dengan mengambil buku dari Gramedia Matraman Jakarta dan paketnya diterima tanggal 12 November 2023. Tidak terlalu lama ya segitu sih, sama aja ketika beli di akun shopee.

Sekian dulu cerita unboxing books kali ini, semoga bisa memberi pencerahan buat kalian yang memiliki wishlist sama dengan dua novel yang baru banget saya terima fisiknya. Terakhir, jaga kesehatan dan jangan lupa membaca buku!


0 komentar:

Posting Komentar