[NOTICE!] Novel Watersong Karya Clarissa Goenawan

NOTICE!

Hayoo, disini siapa yang belum baca buku dari penulis Clarissa Goenawan?

Uhukk! Saya ngaku deh kalau belum pernah baca buku karya Kak Clarissa. 


Nama Clarissa Goenawan mulai muncul ketika debut novelnya rilis yang berjudul Rainbirds pada tahun 2018. Formatnya dalam bahasa inggris dan diterbitkan oleh penerbit Soho Press. Tentu saja saya pun penasaran dengan sosoknya, ada penulis yang debut novelnya terbit di luar negeri tapi nama belakang penulisnya Indonesia banget. Mulailah saya menelusuri siapa Clarissa ini.

Rupanya Kak Clarissa ini orang Indonesia yang lahir dan tinggal di Singapura. Penulis ini pun sempat mendapatkan penghargaan pada The 2015 Bath Novel Awards. Sebuah penghargaan untuk karya dari novelis yang belum diterbitkan atau diterbitkan secara indie, tanpa membedakan latar belakang si novelisnya.

Supaya lebih jelas tentang The Bath Novel Awards ini, silakan klik linknya!


Di Indonesia sendiri novel Rainbirds sudah diterjemahkan oleh penerbit mayor, PT Gramedia Pustaka Utama. Versi pertama terbit di tahun 2018, dan kemudian berganti kover kembali di tahun 2020. 

Di tahun 2020 ini, novel kedua Kak Clarissa terbit, berjudul The Perfect World of Miwako Sumida, yang masih diterbitkan oleh penerbit Soho Press. Lagi-lagi PT Gramedia Pustaka Utama gercep-gerak cepat- menerjemahkan novel tersebut. Rilisnya sendiri berbarengan dengan ganti kover novel pertamanya.


Karena belum pernah baca novelnya, saya belum bisa membagikan sedikit kesan dengan cerita yang dikarang oleh Kak Clarissa. Semoga ke depannya bisa segera punya kedua buku tersebut, amin!

Kalo yang mau memberikan ulasan singkat kedua novel Kak Clarissa, boleh tulis aja di kolom komentar ya!


Dan tahun ini, tahun 2022, Kak Clarissa sudah mengumumkan rilisan novel ketiganya yang berjudul Watersong, yang diterbitkan oleh penerbit Scribe UK. 

Menurut pengakuannya dalam sebuah tweet, novel ini ditulis sejak tahun 2014 dan baru bisa rilis pada Juni 2022 mendatang, itu pun masih versi UK. Dan yang unik, kovernya itu bisa terlihat warna pelangi jika dilihat pada posisi yang tepat. 

Sempat ada yang menanyakan dalam tweet-nya itu akan diterbitkan kapan di Indonesia, jawab kak Clarissa, masih menunggu dari penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. 

Kira-kira terbit juga nggak ya?!



[gambar Kak Clarissa diunduh dari akun twitter, gambar buku diunduh dari goodreads]

4 komentar:

  1. Saya belum baca, *ngacung*.

    Saya baru tahu sama penulis ini juga buku-bukunya *baru keluar dari gua*.

    Dapat penghargaan juga ya btw, keren!!! Semoga bisa baca juga nanti. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Saya punya bukunya yang Rainbirds tapi versi bahasa Inggris, beli pas di sale Periplus, tapi ya belum dibaca wkwkwk. Penasaran juga, kapan kapan baca bareng yok mas kalau sudah dapat bukunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh Mas Dion, tapi saya sanggupnya baca yang terjemahan. Bahasa Inggris saya pasif pisan, jadi lebih baik dihindari dulu, hehe

      Hapus