Rekap Bookmail November 2022


Halo! Tak terasa bulan November sudah mau berakhir. Waktu kayak yang cepet pisan berganti sampai-sampai sudah mau malam tahun baruan saja. Tinggal sebulan lagi kita akan memasuki 2023. 

Huft! Tapi hidup yang begini-begini saja rasanya harus ditata ulang di tahun depan, termasuk kegiatan membaca buku. Kalian ada juga yang merasa di tahun ini belum maksimal?

Sebelum melantur kejauhan, saya mau menunjukkan rekap Bookmail November 2022. Buku yang saya dapatkan selama satu bulan, baik beli sendiri atau ada orang baik yang menghadiahkannya.

Langsung saja kita intip. Lets go!!!

 1. Ferryman - Claire Mcfall


Saya membeli buku ini karena tertarik setelah membaca promo buku ketiganya yang barusan diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama, yang judulnya Outcast (Yang Terbuang). Buku keduanya sendiri berjudul Trespassers (Para Pemintas). Sekilas ceritanya mengenai romansa dua manusia yang dibumbui soal kematian. Enggak begitu jelas sih akan bagaimana ceritanya tapi saya memutuskan untuk membaca buku pembukanya ini. 

Begitu bukunya sampai, saya terkejut dengan tampilannya. Dimana pada semua sisi halamannya berwarna hijau. Cantik banget. Jadi penasaran dengan buku kedua dan ketiganya apakah memiliki warna lain pada pinggiran bukunya.

2. The Good Earth (Bumi Yang Subur) - Pearl S. Buck


Saya agak familiar dengan nama penulisnya dan setelah dicek di goodreads, Pearl S. Buck adalah penulis East Wind, West Wind (Angin Timur, Angin Barat). Novel ini pernah saya baca dulu, dan yang masih diingat isinya mengenai perempuan cina yang dalam budayanya suka membebat kaki hingga kecil sekali. Mereka menanggalkan derita dari kegiatan itu. Lalu ketika perempuan ini menikah dengan lelaki yang sudah mengadopsi budaya barat, ada syok yang tidak dapat dihindari. Kurang lebih begitu lah.

Dan saat saya berselancar di marketpalce mencari novel murah, ketemulah dengan series ini. Saya pun memutuskan untuk mencoba novel pembukanya ini. Jika menarik, mungkin saya akan segera mengumpulkan dua buku selanjutnya: Sons (Wang Si Macan) dan A House Divided (Runtuhnya Dinasti Wang).

3. Shine - Jessica Jung


Saya mau membaca novel ini karena kover novel ini sangat cantik dan blink-blink, sesuai dengan judulnya, dan ditulis oleh salah satu personil Girls Generation. Penasaran sih sama rasa dari karya tulis seorang idol. Saya sempat mengincar di base twitter dan akhirnya berjodoh juga memiliki novel ini meski kondisinya preloved. Yang penting jangan beli buku bajakan saja, haha.

Selain itu, buku kedua penulis juga sudah terbit dan sudah dialihbahasakan dengan judul Bright. Kovernya lagi-lagi cantik dan blink-blink. Kalau sudah membaca novel pertamanya ini, mungkin saya akan melanjutkan ke karya keduanya tadi. Semoga bagus ya!

4. Watersong - Clarissa Goenawan


Sejak membaca novel debutnya yang berjudul Rainbirds, saya mengakui kalau saya jatuh cinta dengan cerita dan gaya bercerita penulis. Rasanya enak dan tenang banget ketika membaca bukunya. Makanya pada saat itu saya langsung membeli buku keduanya yang berjudul The Perfect World of Miwako. Sayangnya buku keduanya belum sempat dibaca.

Tahun ini penulis menerbitkan karya ketiganya, ya buku ini, Watersong Saya pun mengantisipasi perilisannya. Tapi begitu dibuka PO, dompet lagi seret. Akhirnya harus bersabar dulu. Ingat, tidak semua keinginan harus diburu-buru diwujudkan. Dan saya sangat bersyukur sekali, ketika ada rejeki lebih, saya bisa menyisihkan uang untuk membeli bukunya. I'm happy-happy-happy.

5. Kudasai - Brian Khrisna


Novel ini sudah lama pisan masuk wishlist. Padahal belum tentu bakal dibaca dalam waktu dekat sebab masih ada novel dan buku lain dari penulis ini yang masih mengantri. Saya belum pernah membaca buku dari penulis Brian ini, sejak dulu penasaran, eh malah membeli bukunya saja tanpa disentuh-sentuh.

Kebiasaan memantau preloved di base twitter membawa saya menemukan novel ini dijajakan dengan harga lumayan murah. Preloved? It's OK. Untuk kualitas bukunya sendiri masih sangat-sangat-sangat layak. Jadi pilihan memilih preloved juga keputusan baik kok!

6. The Guest And Other Stories - Albert Camus, dkk.


Pada saat awal perilisannya, buku ini wara-wiri di media sosial, terutama di twitter. Penasaran sih waktu itu, tapi agak maju-mundur karena buku ini merupakan kumpulan cerita. Saya memang agak segan kalau harus membaca kumcer sebab salah satu alasannya kadang cerita-ceritanya menggantung dan tidak tuntas.

Sejauh ini saya lebih suka membaca novel. Walau kadang ketemunya novel yang tebal, tapi selalu puas dengan kisah di dalamnya. Dan saat berselancar di shopee, saya menemukan buku ini dijual sedang dijual dengan diskon gede. Ya sudah akhirnya dibeli juga.

7. Aristotle And Dante: Discover The Secrets of The Universe - Benjamin Alire Saenz


Membaca ulasan teman-teman pembaca buku lain yang menyebutkan kalau buku ini bagus, maka saya langsung tertarik dan segera mencarinya. Kalau terjangkau saya beli baru, kalau masih mahal saya beli preloved. Lagi-lagi saya beruntung karena buku ini sedang dijual dengan diskon lumayan, jadi harganya turun banyak. Tanpa banyak berpikir saya langsung memasukakan ke belanjaan. 

***

Menurut saya jumlah 7 buku masih tergolong banyak sebab buku-buku ini otomatis menambah timbunan. Sementara kemampuan membaca saya sedang turun sekali. Sambil memilah dan lebih selektif dalam membeli buku, saya juga sedang mengatur ritme kebiasaan membaca. Mengalokasikan waktu membaca jadi agak sulit saat saya juga sedang keranjingan menulis.

Nah, sekian dulu update koleksi buku saya pada bulan November. Saya juga penasaran dengan buku yang kalian dapatkan pada bulan ini. Silakan sharing di kolom komentar ya!



2 komentar:

  1. Itu yang nomer 7 katanya ada unsur LGBT nya. Huhu. Makanya aku mikir2 mau beli. Eh, yang shine ada lanjutannya loh, tapi belum diterjemahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, harus bijak banget atuh ya pas bacanya. Hehe. Semoga ceritanya bukan full membahas tema itu.
      Kelanjutan Shine sudah diterjemahkan sama Gramedia. Kalau enggak salah, judulnya Bright. Saya mau baca ini dulu, cek ceritanya seru atau enggak, sebelum memutuskan baca kelanjutannya

      Hapus