Resensi Buku Anak: Bugi Hiu Suka Senyum - Clara Ng, Cecillia Hidayat


Judul:
Bugi Hiu Suka Senyum

Penulis: Clara Ng

Ilustrator: Cecillia Hidayat

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit: Februari 2010

Tebal: 24 hlm.

ISBN: 9789792254440

RINGKASAN

Hiu itu identik dengan giginya yang tajam dan menyeramkan. Tetapi Bugi justru kebalikannya, dia suka tersenyum. Dan ketika sekumpulan Paus bermain di sekitar tempat para hiu dengan ribut dan berisik, Bugi dan Luki memikirkan cara mengusir mereka dengan menakut-nakuti. Tetapi para Paus malah tertawa.

Cara apa yang harus dilakukan oleh Bugi dan Luki agar para Paus beranjak pergi?


ULASAN

Setelah di buku yang lalu kita bertemu dengan cerita hewan yaitu Buaya, kali ini kita ketemu dengan hewan air lainnya yaitu ikan Hiu.

Pasti sudah tahu dong gimana ganasnya ikan yang satu ini! Bahkan banyak sekali film-film yang mengangkat cerita keganasan ikan hiu menyerang manusia dan selalu bikin penasaran sekaligus ngeri-ngeri sedap.

Eh tapi Bugi ini lain lho, dia ikan Hiu yang selalu tersenyum. Tetap slay apa pun masalahnya. Termasuk ketika tempat mereka kedatangan para ikan Paus yang berisik. Dan ketika mereka menunjukkan sikap galak untuk menakut-nakuti, para ikan Paus malah tertawa.

Bugi pun mengusulkan cara lain yaitu dengan senyuman dan ramah tamah. Cara ini malah berhasil.

Dari buku ini kita bisa belajar jika senyuman itu memberikan efek positif untuk memulai pertemanan. Dan katanya, tersenyum itu bisa menular. Jadi jangan pasang muka masam terus ya, perbanyak tersenyum dan bermuka ramah.

Bugi juga secara tidak langsung mengingatkan kita agar menjadi diri sendiri. Soalnya Bugi tidak terprovokasi dengan Luki yang mengatakan kalau jadi hiu itu harus galak. Bugi tetap menjadi hiu yang murah senyum.

Buku ini juga punya cerita yang sederhana tapi memiliki muatan nilai kebaikan yang pas ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini. Agar anak-anak bisa punya amunisi ketika mau berteman dengan yang lain, yaitu dengan menjadi anak yang murah senyum dan ramah.



Ilustrasinya selalu konsisten menarik dan menyenangkan mata walau pun ilustratornya berbeda dengan dua buku sebelumnya. Dan khusus buku ini warna yang dominan adalah warna biru karena latar ceritanya berada di air laut. Bentuk ikannya lucu-lucu walau pun saya agak susah membedakan bentuk hiu dan paus, hehe.

Kesimpulannya, buku cerita anak ini bagus untuk dijadikan bacaan anak, apalagi kalau dibacakan oleh orang tua menjelang tidur, ditambah dengan ekspresi lucu untuk mendramatisasinya. Pasti anak-anak girang mendengarkan kisahnya.

Nah, sekian ulasan buku anak ini. Terakhir, jaga kesehatan dan jangan lupa membaca buku!

0 komentar:

Posting Komentar