Resensi Buku Anak: Gaya Rambut Pascal - Clara Ng, Verdi


Judul:
Gaya Rambut Pascal

Penulis: Clara Ng

Ilustrator: Verdi

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit: Februari 2010, cetakan kedua

Tebal: 24 hlm.

ISBN: 9789792214895

RINGKASAN

Salah satu kebanggaan menjadi singa adalah punya rambut yang lebat. Pascal pun merasa demikian. Tapi ia bingung mau menata rambutnya seperti apa setelah ia tahu sudah ditunjuk untuk menjadi pemimpin parade pada Malam Festival. Ia pun ditolong Stella, si orang utan, untuk membantu memilihkan gaya rambut yang pas.

Kira-kira gaya rambut seperti apa ya yang dipilih Pascal?


ULASAN

Arrrgghh! Saya jadi ketagihan membaca buku anak!

Ini adalah buku keempat dari Mbak Clara NG yang saya baca. Tiga buku sebelumnya pun sangat menarik. Pokoknya kalian pun harus membaca buku anak untuk memberi jeda otak memahami bacaan yang berat-berat.

Di buku anak ini, tokoh utamanya masih binatang yaitu seekor singa. Kalian tahu kan ciri-ciri paling umum dari seekor singa yang dikenali anak-anak? Yup! Singa punya rambut panjang di kepalanya.

Dan karena ingin tampil amazing, singa pun memikirkan untuk merubah tatanan rambutnya. Ini yang kemudian jadi konflik, soal bentuk rambut.

Melalui cerita singa dan rambutnya ini kita bisa mengajarkan kepada anak-anak untuk menjadi diri sendiri. Hal baik yang bisa didapatkan dengan menjadi diri sendiri adalah kita tidak perlu kerepotan menjadi orang lain. Anak-anak tentunya perlu diajarkan untuk memiliki kecintaan terhadap dirinya sendiri agar bisa menumbuhkan rasa percaya diri.

Buku ini pun sama ringkasnya tapi sensasi menyenangkan setelah membacanya tetap saya dapatkan. Mungkin karena pesan kebaikan yang basic yang coba disampaikan melalui buku ini, saya seperti mendapatkan cucuran air setelah mengalami kegersangan.

Untuk ilustrasi bukunya tetap menarik sebab sederhana dan ceria. Warna latar belakang ceritanya adalah kuning tapi yang agak gelap gitu. Ini yang bikin kelihatan agak sendu sebab warna hewan yang muncul pun kebanyakan kuning gelap dan cokelat. Singa kuning, marmut kuning, jerapah kuning, dan orang utan cokelat. Meski begitu, buku ini tetap enak dilihat.

Oya, ternyata buku ini merupakan bagian dari buku anak 'Berbagi Cerita, Berbagi Cinta'. Totalnya ada tujuh buku, semoga saya bisa membaca kesemuanya, hehe.

Sekian ulasan buku anak ini, terakhir, jaga kesehatan dan jangan lupa membaca buku!

0 komentar:

Posting Komentar