Rekap Bookmail September 2021

Halo! Apa kabar? 

Teman-teman, mungkin ke depannya akan ada postingan terbaru di blog saya ini, yaitu "Rekapan Bookmail". Di artikel ini akan saya ceritakan secara singkat buku apa saja yang saya dapatkan -baik hasil beli, hadiah, atau hibahan- dan alasan kenapa saya tertarik memilikinya.

Tujuannya agar saya bisa berterima kasih kepada diri sendiri, kepada mereka yang menjodohkan saya dengan buku, dan kepada kesempatan yang saya dapatkan untuk menikmati pengalaman memiliki buku.

1. Cinta Terakhir Baba Dunja -  Alina Bronsky

Alhamdulillah, ini gratis, hehe

Buku ini saya dapat sebagai hadiah penanya terbaik dari Gramedia pas ikutan talkshow Sahabat Baca Novel via zoom dengan tema Bocoran Editor pada hari Jumat, 27 Agustus 2021. Di acara itu hadir empat editor yang mewakili penerbit di bawah naungan Gramedia: Gramedia Pustaka Utama, Kepustakaan Populer Gramedia, Grasindo, dan Bhuana Ilmu Populer.

Dan atas hadiah ini, saya ingin berterima kasih kepada Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

***


2. Creative Writing - A. S. Laksana

Harganya 79.200,-

Buku Creative Wraiting ini saya beli di akun shopee Dema Buku dengan menimbang saya perlu ilmu menulis untuk bekal saya menjadi blogger buku. Saya berharap buku ini bisa ngasih pandangan menjadi penulis yang lebih apik daripada yang sudah saya jalani sekarang.

***


3. Storm Sister #1: The Sinking World - Mintie Das

4. Storm Sister #2: The Frozen Seas - Mintie Das

1 paket ini seharga 40.000,-

Saya beli kedua novel preloved ini pas lagi menjelajah akun Literary Base. Dulu saya pernah baca buku pertamanya, yang kover merah, dan suka. Sayangnya saya lupa buku itu kemana, diberikan atau dijual. Beberapa kali sempat maju-mundur untuk punya kembali buku dan ternyata kemarin itu momen beruntung saya bisa beli buku ini lagi dengan harga yang murah. Beruntung banget karena pas bukunya sampe, kualitasnya masih sangat-sangat-sangat bagus. Alhamdulillah...

***


5. Saha Mansion - Cho Nam-Joo

6. Merakit Kapal - Shion Miura

1 paket ini seharga 110.000,-

Kedua buku ini juga preloved yang saya temukan di base yang sama. Saya tertarik beli ini karena kondisi buku yang kelihatannya bagus dan dihargai murah. Dan benar aja, pas bukunya datang, kondisi buku masih sangat bagus. Makanya saya merasa senang banget karena meskipun beli buku preloved, buku-buku yang saya pilih kondisinya kayak baru, hanya lepas segel aja.

***


7. Keajaiban Toko Kelontong Namiya - Keigo Higashino

8. Funiculi Funicula - Toshikazu Kawaguchi

1 paket ini seharga 124.200,-

Karena merasa terus beruntung dapat buku preloved bagus, saya akhirnya makin sering mantengin base itu. Dan secara nggak sengaja ketemu lagi dengan buku preloved kedua buku ini. Begitu bukunya sampai, saya langsung cek kondisinya, dan alhamdulillah masih bagus banget. Pokoknya sampai hari ini saya sangat puas dengan buku-buku preloved yang sudah saya beli.

***


9. Dragon Pearl - Yoon Ha Lee

10. Orang-Orang Bloomington - Budi Darma

1 paket ini seharga 99.000,-

Kedua buku ini saya beli pas akun Mizan Official di shopee mengadakan promo "pilih 2 bayat 99K". Setelah menimbang buku mana yang mau dibeli, akhirnya saya membayar kedua buku ini. Saya penasaran sama karya almarhum Budi Darma. Lalu alasan lainnya, saya pengen baca fiksi yang petualangan begitu.

***


11. Jangan Pulang Jika Kamu Perempuan - Riyana Rizki

seharga 57.800,-

Kalau buku ini saya beli lantaran pengen ikutan lomba meresensi buku. Syarat salah satunya adalah memilih buku ini untuk diulas. Sebenarnya ada satu judul lagi, tapi kalo nonfiksi saya menyerah dulu, belum paham gimana menyajikan ulasan yang menarik ala-ala saya.

***


12. Potret Keluarga - Reda Gaudiamo

13. Perang - Rama Wirawan

Perang seharga 52.000,- & Potret Keluarga seharga 55.000,-

Saya tertarik membeli buku Potret Keluarga karena menurut info promosinya, buku ini sarat cerita soal keluarga. Saya yang menyukai cerita drama keluarga, nggak akan melewatkan untuk menikmati kisahnya.

***

14. Miss Peregrine's Home for Peculiar Children - Ransom Riggs

seharga 56.000,- (include ongkir 11.000,-)

Karena saya keingetan sama enaknya diksi terjemahan di buku ini, jadi saya memutuskan untuk kembali mengkoleksi seriesnya. Dan saya kebetulan ketemu buku ini saat memburu preloved dengan harga murah dan kualitas buku yang sangat baik.

***


15. Walden - Henry David Thoreau

seharga 70.000,-

Beli buku ini karena rame di twitter - base buku. Terus beberapa orang memperlihatkan isinya, dan menurut saya menarik, sebab ini kumpulan memoar yang membahas banyak hal. 

***


16. Hollow City (Miss Peregrine's Peculiar Children #2) - Ransom Riggs

seharga 44.000,-

Begitu ketemu akun yang jual buku series kedua dari Miss Peregrine, saya langsung chat dan beli bukunya. Ini juga preloved, kondisi barang masih bagus. Harga juga murah.

***


17. Dollagoot: Toko Penjual Mimpi - Lee Mi Ye

hadiah GA

Kalau buku ini saya dapatkan untuk hadiah GA dari akun Kak Khansaa di twitter. Waktu itu syaratnya mengisi survey kebiasaan membaca. Saya bersyukur sekali bisa menjadi salah satu pemenangnya sehingga bisa punya buku yang sedang hype ini.

Saya ingin berterima kasih kepada Kak Khansaa karena sudah memilih saya sebagai satu dari tiga pemenang :)

***


18. Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan

seharga 98.000,-

Buku ini saya beli lantaran sepanjang pengalaman saya membaca buku, belum pernah mencicipi buku tebal Eka Kurniawan, padahal buku beliau dipuja-puji bagus. Rasanya tertinggal banget karena belum membaca buku-buku bagus dari beliau.

***


19. The Magic Library - Jostein Gaarder

20. Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh - Dee Lestari

paket seharga 72.600,-

Saya membeli kedua buku ini sebenarnya mengincar buku Supernova #1 -nya karena ada niatan mau mengoleksi karya Dee Lestari, utamanya yang fiksi. Tetapi karena sistem budlling, jadi saya beli saja sekalian, padahal buku Jostein Gaarder-nya sudah punya.

***


Nah, teman-teman segitu posting-an bookmail untuk bulan September ini. Total ada 20 buku. Jumlah yang banyak. Dan saya lumayan kaget dengan uang saya keluarkan. Mungkin bulan depan saya akan puasa dulu beli buku, atau jika mau beli buku pun, harus ketat sesuai budget. Semoga bisa, hehe.

Oke, sekian dari saya, terakhir, jaga kesehatan dan terus membaca buku!


2 komentar:

  1. kalau ditotal sudah ada jutaan ya din budhet sebulan buku xixixix

    aku juga kadang khilap...kalau udah belanja buku di blok m tuh tau tau budget jebol

    btw yang karangan penulis jepang dan korea terjemahannya cakep ga ya, aku kalau baca buku terjemahan pengen yang tetap mempertahankan bahasanya teteo indah ga kaku hihi

    ksatria putri dan bintang jatuhnya dee aku punyanya yang cover lawas preloved juga tapi masuh mulus ga ada kertas nekuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kaget beneran ketika ngitung semua pembelian bukunya sampe angka mendekati 1 juta. Harus ikat pinggan, hahaha. Dan yang perlu dibenahi lagi, manajemen waktu agar saya bisa membaca lebih banyak buku, supaya TBR cepet terbabat.

      Nah, saya harus mulai jajal membaca lebih banyak terjemahan juga. Supaya saya bisa merekomendasikan buku-buku dari Jepang atau Korea sesuai kenyamana Mbak Nita, hahaha.

      Buku pertama dari series Supernova ini permulaan saya ingin membaca kembali series ini sampai selesai. Dan sampai saya menulis jawaban ini, buku kedua dan keempatnya sudah punya. Eh buku ketiganya belum dapat.

      Hapus