[Resensi] Sesuap Rasa - Catz Link Tristan

gambar diunduh dari gramedia.com, diedit


Judul: Sesuap Rasa

Penulis: Catz Link Tristan

Editor: Afrianty P. Pardede

Penerbit: Elex Media Komputindo

Terbit: September 2021

Tebal: 216 hlm.

ISBN: 9786230027673

***

"Mungkin kamu takut untuk makan, tapi makanan dan teman makan yang baik dapat menghangatkan jiwamu.” 

Ketiga bersaudara Wuddan seakan kehilangan ikatan setelah mama mereka meninggal. Ketiganya tenggelam dalam pelarian akan penyesalan. Hingga saat Nessa, saudari mereka, jatuh sakit, Wendy dan Hansen dihadapkan pada dilema. Haruskah kembali ke kampung halaman dan menghadapi penyesalan mereka? 

Ada luka di hati mereka yang harus segera disembuhkan. Ada ikatan persaudaraan yang harus mereka selamatkan. Dapatkan kenangan makanan yang pernah menghangatkan jiwa membawa kembali ikatan yang telah merenggang? “Makanlah denganku hari ini....”

***

Karena gift voucher langganan Gramedia Digital belum saya rendem, dan saya sudah pengen banget baca novel-novel romance, maka saya langsung pakai sesuai arahan email yang dikirim tim Gramedia. Begitu selesai rendem, langsung saya unduh beberapa judul buku yang bikin penasaran. Dan akhirnya saya memutuskan untuk membaca novel Sesuap Rasa sebagai awalannya.

Novel ini dimulai dengan telepon yang diterima Hansen dari Putri, kawan tidak akrab-akrab banget waktu SMA. Putri mengabarkan kalau Nessa, kakak perempuan Hansen, masuk rumah sakit. Han kaget karena kakaknya tidak pernah mengeluh apa-apa. Han langsung menghubungi kakak sulung, Wendy, dan menceritakan kabar soal Nessa.

Wendy dan Han berbeda kota dengan Nessa. Wendi di Jakarta, dan Han di Kuching, Malaysia. Mendengar kondisi kabar Nessa, keduanya bergegas melakukan perjalanan pulang ke Pontianak. Mereka tidak ingin terlambat bertemu Nessa seperti kejadian dulu, mereka terlambat bertemu Mama.

Nessa merasakan nyeri di kepala dan sering muntah. Menurut pemeriksaan dokter, ada masalah dengan perutnya. Diagnosa yang tidak jelas ini membuat saya mengira Nessa mengidap sakit parah seperti kanker, sehingga kondisinya memburuk dan umurnya tidak akan lama. Tapi rupanya bukan itu.

Novel Sesuap Rasa memiliki tema keluarga. Disini kita akan menemukan konflik di tengah hubungan kakak-adik. Tema yang bikin saya meneteskan air mata pada beberapa bagian, terutama pada bagian yang menceritakan penyesalan kakak atau adik yang belum maksimal berada dan berfungsi untuk saudara yang lain. 

Nessa sakit secara psikologi. Setelah saudaranya pergi dari rumah untuk kerja di luar kota, Nessa tinggal berdua dengan Mamanya. Dan setelah Mamanya menyusul Papa ke surga, Nessa sendiri tinggal di rumah bersama kenangan-kenangan ketika mereka masih berkumpul yang dibalut kesepian. Hubungan Nessa dengan saudaranya menjadi kaku, jarang sekali menelepon, jarang sekali saudaranya pulang ke rumah. Memendam rasa kangen, rasa sepi, dan rasa bersalah, ternyata pelan-pelan menggerogoti kesehatan Nessa dari dalam. Puncaknya, kondisi kesehatan menurun dan tubuh Nessa menjadi kurus.

Selaras dengan tampilan latar belakang cover-nya yang ada ilustrasi makanan, pada novel ini pun dibahas beberapa menu, yang juga menjadi judul setiap bab-nya. Makanan yang dibahas kesemuanya merupakan yang ada di Pontianak, misalnya Nasi Padang, Pia Kacang Hijau, Nasi Telur Mata Sapi, Bubur Nasi Teri, Nasi Capcay, Bakso Ikan Telur Asin, dan masih varian lainnya. Menu di novel ini merupakan objek untuk menceritakan keharmonisan ketiga bersaudara pada masa lalu, yang mereka ulang kembali untuk memperbaiki kerenggangan hubungan mereka.

Karakter-karakter di novel ini pun sangat hidup. Nessa, sebagai anak kedua dan anak perempuan, begitu rapuh, tidak ingin merepotkan orang lain, dan pemendam perasaan. Sehingga dia berusaha untuk tidak menjadi beban saudaranya yang lain. Wendy sebagai anak pertama adalah sosok yang kuat, bertanggung jawab, dan kaku. Dia selalu menampilkan sikap ketus dan cuek karena sewaktu kecil harus menanggung beban sebagai pengganti Papa. Hansen, si bungsu justru kebalikan dari Wendy, dia lebih supel, ekspresif, dan ceria. Menurut kakak-kakaknya ini efek dari dimanja oleh Mama dan kakak-kakaknya.

Secara keseluruhan, novel ini ingin mengingatkan pembaca jika keluarga adalah hal penting. Sesibuk apa pun, kita harus bisa membagi waktu untuk bertemu atau menghubungi keluarga. Karena ketika kita kehilangan kesempatan dekat dengan keluarga, yang tersisa hanya rasa penyesalan.

"Kerja memang perlu, tapi kalau bisa siapkan waktu untuk bertemu sesekali... Ah, waktu terus berjalan a, tak bisa dikembalikan lagi walau kita sudah punya banyak uang. Waktu juga belum tentu bisa terus berputar, kadang kala terhenti di satu sisi..."
(hal. 145)

Untuk novel Sesuap Rasa ini saya beri nilai 4 bintang dari 5 bintang, sebab cukup relate dengan saya, dan secara tidak langsung mengingatkan kita semua untuk selalu mementingkan keluarga.

Sekian ulasan dari saya, terakhir, jaga kesehatan dan terus membaca buku!

0 komentar:

Posting Komentar